Maandag 15 Januarie 2018

Cara membuat laporan Akuntansi dengan Excel


Cara membuat laporan Akuntansi dengan Excel by aldoramadyan

Cara membuat laporan Akuntansi dengan Excel

Kali ini kita akan membahas tentang cara membuat laporan Akuntansi denganExcel. Saya akan menjelaskan apasih akuntansi itu dan bagai mana ruang lingkup kerja Akuntansi di dalam perusahaan. Akuntansi adalah aktifitas yang berhubungan langsung dengan mencatat, mengidenfikasi, pemberi informasi kepada manager, investor dan yang berhubungan dengan ekonomi perusahaan. Akuntansi bertugas membuat laoran keuangan yang akurat, dapat dipahami dan dimengerti yang nantinya akan di manfaatkan oleh manager dalam mengambil keputusan yang berhubungan dengan ekonimi perusahaan.
Jadi Akuntansi memilki peranan penting dalam sebuah perusahaan, karena kita bisa melihat perusahaan semakin berkembang atau tidak dari proses akuntansi. Untuk kegiatan akuntansi ada beberpa software yang bisa di gunakan, namun kali ini saya akan membahas cara membuat laporan Akuntansi dengan Excel. Pertama anda harus mengenal apa itu excel, excel adalah program yang berupa tabel informasi atau data, yang berisi penghitungan serta digunakan untuk analisa komparatif. Fungsi excel untuk akuntansi adalah untuk membuat laporan mengenai penghitungan laba rugi, pembuatan laporan untuk mengetahui keuntungan perusahaan dalam satu tahun, masalah gaji untuk karyawan perusahaan, dll. Dalam mengoprasikan excel anda akan di hadapkan dengan rumus –  rumus agar nilai yang di hasilkan akurat. anda bisa melihat rumus excel disini.
Saya akan memberi contoh cara membuat laporan akuntansi dengan excel, kita akan membuat untuk laporan keuangan.
1. Buatlah format laporan keuanagan seperti di bawah ini.
2. Masukan rumus pada kolom saldo  (F4 s.d F13) agar nantinya bisa bertambah atau berkurang secara otomatis. Untuk kombinas rumus IF, OR dan SUM.
3. Pada kolom F4 maukan rumus  =IF(OR(D4<>0;E4<>0);SUM(D$4;D4)-SUM(E$4;E4);0). 
Penulisan rumus menggunakan rumus absolute (D$4 & E$4) jadi perlu di perhatikan agar tiidak terjadi kesalahan saat proses penghitungan. Selanjutnya copy paste rumus pada F4 ke baris selanjutnya. Setelah itu tinnggal memasukan rumus pada kolom jumlah, rumusnya adalah.
  • Pada D14 masukan rumus : =SUM(D4:D13)
  • Pada E14 masukan rumus : =SUM(E4:E13)
  • Pada F14 maukan rumus : =D14-E14
4. Hasilnya akan seperti gambar di bawah ini.
Di atas adalah contoh kecil mengenai cara membuat laporan akuntasni di excel, semoga bermanfaat…….
Cara membuat laporan Akuntansi dengan Excel

Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking