Kembali tidur setelah sahur bukanlah kebiasaan yang baik. Sebab bisa menyebabkan badan terasa lemas seharian dan bahkan membuat kita malas untuk beraktivitas. Kenaikan berat badanpun tak bisa dihindari. Alangkah lebih baiknya bila langsung kita mulai dengan berburu pahala. Kita bisa menjalankan 7 amalan dan kegiatan setelah sahur berikut ini:

1. Mengaji

mengaji
Image: Freepik
List teratas dari amalan dan kegiatan setelah sahur yang paling baik dan berpahala adalah mengaji. Dengan mengaji kamu tentu akan mendapat banyak pahala dan kebaikan, selain itu juga akan membuat kamu lebih mendekatkan diri dengan Tuhan.
Rutin mengaji setiap sahur selama bulan ramadhan memungkinkan kamu untuk mengkhatamkan 30 juz. Hal ini tentu merupakan cara yang sangat baik untuk memperbanyak amal ibadahmu, dan mendapatkan pahala yang berlipat ganda.

2. Membaca buku-buku agama

membaca buku agama
Image: Freepik
Untuk mengisi waktu setelah sahur kamu bisa melakukan membaca buku- buku agama. Kegiatan ini sangat cocok untuk kamu yang sangat suka membaca. Alih-alih membaca buku-buku hiburan seperti komik, atau novel, dan sebagainya; ada baiknya di bulan Ramadhan ini kamu memilih buku-buku yang bisa meningkatkan pengetahuan agama.
Setelah sahur adalah waktu yang sangat tepat untuk belajar. Sebab di waktu itu suasana sekitar masih hening, dan kondisi pikiran serta tubuh juga masih dalam keadaan fresh. Jadi kamu bisa dengan mudah berkonsentrasi dan menyerap ilmu agama dari buku-buku agama yang kamu baca.

3. Membuat Jadwal Kegiatan

jadwal kegiatan
Image: Unsplash/Jessica Lewis
Kalau kamu bukan tipe orang yang suka membaca, ada kegiatan baik dan berpahala lain yang bisa kamu lakukan setelah sahur, yaitu menyusun jadwal kegiatanmu dihari itu. Dengan demikian kamu bisa lebih memaksimalkan waktu yang kamu miliki dan belajar disiplin untuk mengikuti dan menjalankan aktivitas yang sudah kamu rencanakan.
Selain itu, kamu bisa memastikan bahwa kamu tidak menyia-nyiakan waktu ramadhan yang begitu berkah. Dari pada hanya sekadar monoton film lebih baik mendengar ceramah di masjid, mengikuti penajian, atau bahkan berkunjung ke panti asuhan.

4. Membaca Berita atau Artikel bermanfaat lainnya

baca berita
Image: Freepik
Kalau kamu merasa membaca buku-buku agama terlalu berat, kamu bisa browsing dan membaca berita-berita terbaru atau artikel-artikel bermanfaat lainnya. Dengan demikian kamu bisa terus uptodate dengan kejadian-kejadian penting yang terjadi di sekitar, juga menambah wawasanmu.
Untuk lebih spesifik, kamu bisa mencari artikel-artikel seputar Ramadhan, yang tentunya akan berguna untuk memperkaya pengetahuan dan kegiatanmu di bulan Ramadhan ini. Kamu juga bisa membuka sosial media, untuk memeriksa apakah ada kegiatan-kegiatan Ramadhan yang bisa kamu ikuti, yang tentunya akan menambah amal kebaikan dan pahalamu.

5. Mereview Kegiatanmu pada Ramadhan tahun lalu

mereview ramadhan tahun lalu
Image: Freepik
Kegiatan baik dan berpahala lain yang bisa kamu lakukan setelah sahur adalah mengingat kembali apa saja yang sudah dan yang belum kamu lakukan saat Ramadhan tahun lalu.
Dengan melakukan review ulang kegiatan ramadhanmu di tahun lalu, kamu bisa memperbaiki kekuranganmu di Ramadhan tahun ini. Dengan demikian kamu bisa mengisi dan menjalani Ramadhan tahun ini dengan lebih baik lagi dari sebelumnya. Ingat, siapa yang memiliki hari lebih baik dari hari kemarin adalah orang yang beruntung.

6. Beres-beres

beres beres rumah
Image: Freepik
Kegiatan setelah sahur lainya adalah beres-beres. Baik membereskan atau merapikan lemari bajumu, memilah mana yang layak dan tidak layak dipakai dan sebagainya. Atau juga membereskan berkas-berkas, baik berkas di meja kerjamu atau berkas dalam komputer atau gadgetmu.
Kamu bisa memilah-milah file-file yang acak-acakan dan memasukkan file yang sejenis ke dalam satu folder agar tersusun rapi. Selain itu kamu juga bisa memilah folder atau file mana yang harus disimpan atau dibuang, agar tidak memenuhi memori gadgetmu. Ambil yang baik tinggalkan yang buruk, begitu kira-kira.

7. Membuat Kaligrafi

kaligrafi
Image: YouTube
Kalau membaca atau menyusun rencana kegiatan membuatmu mengantuk, kamu bisa mencoba membuat kaligrafi. Membuat kaligrafi merupakan kegiatan setelah sahur yang baik. sebab kamu bisa menghayati apa yang kamu tulis. Selain itu, akan berpahala jika ayat Al-Quran yang kamu tulis dalam bentuk kaligrafi tersebut dibaca banyak orang.
Jadi cobalah putuskan amalan dan kegiatan setelah sahur apa yang akan kamu kerjakan. Dari pada tidur kembali, rasanya sangat tidak bermanfaat. Kecuali kamu habis lemburan. Ingat bulan Ramadhan terlalu sayang untuk sekadar dilewatkan begitu saja.