Mudik saat lebaran pasti menjadi salah satu hal yang sudah kamu nantikan tahun ini. Jika kamu mempunyai kebiasaan mudik dengan menggunakan motor ada baiknya mulai mempersiapkannya dari sekarang. Ya, walaupun masih lama nggak ada salahnya mempersiapkan segala sesuatunya dari jauh-jauh hari.
Selain kondisir motor yang harus prima, kamu sebagai pengendara juga harus mempersiapkan beberapa hal nih. Nggak mau kan terkena masalah saat mudik dengan motor nanti. Kira-kira 5 hal inilah yang harus kamu persiapkan saat mudik dengan motor!

1. Cek kondisi motor

 mudik dengan motor
Image: Motomaxx
Melakukan pengecekan berkala menjadi hal penting untuk menjaga kondisi motor. Jangan sampai saat sudah mendekati hari kepulanganmu ke kampung halaman, motor kesayangan malah bermasalah. Jadi cobalah cek kondisi motormu sekarang. Perhatikan kondisi rantai, rem, kelistrikan, lampu-lampu hingga busi. Sebelum dibawa mudik ada baiknya kamu ke bengkel dan melakukan pengecekan.

2. Pastikan semua surat-surat lengkap dan masih berlaku

 mudik dengan motor
Image: Viva
Hal yang nggak kalah penting adalah kelengkapan surat-surat. Coba perhatikan deh apakah SIM C dan STNK masih berlaku. Jangan sampai kamu malah tidak membawa surat-surat kendaraan ini. Jika surat-surat penting ini sudah tidak berlaku, pastikan kamu menyempatkan mengurusnya ya dari jauh-jauh hari ya!

3. Periksa kondisi kesehatan

 mudik dengan motor
Image: Qerja
Seperti yang sudah kamu ketahui mengendarai motor dalam waktu tertentu akan menimbulkan masalah. Salah satunya adalah masalah di bagian punggung dan bisa juga menurunkan konsentrasi. Makanya sejak jauh hari banyak yang merekomendasikan untuk menemui dokter untuk mengecek kondisi kesehatan. Coba tanyakan pada dokter apakah ada penyakit yang berbahaya untukmu. Nggak mau kan kamu malah membahayakan dirimu sendiri.

4. Membeli helm baru

 mudik dengan motor
Image: Helm GM
Helm menjadi bagian penting untuk para pengendara motor, tak terkecuali kamu yang ingin mudik jarak jauh. Jika kamu selama ini memiliki helm yang kurang baik atau sudah lama ini saatnya kamu membeli helm baru. Perhatikan ukuran helm, pilih helm yang ukurannya sesuai dan pilih juga bahan yang ringan. Bahan yang tidak terlalu berat akan membuatmu tidak mudah lelah, tapi tetap ya pilih bahan yang kokoh. Selain helm kamu juga bisa mulai menyicil membeli rompi, jaket, sarung tangan, dan masker. Oh ya jangan lupa juga jika kamu pulang kamu berdua siapkan semua peraltan ini 2 pasang ya!

5. Menyicil membeli perkakas multifungsi

 mudik dengan motor
Image: tundrace wordpress
Walaupun sudah ke bengkel dan memeriksa kondisi motor, kamu tetap harus membawa perkakas multifungsi. Mumpung masih jauh-jauh hari ada baiknya kamu menyicil membeli perkakas multifungsi. Ada delapan peralatan yang wajib kamu saat mudik nanti kunci busi, obeng plus dan minus, busi, tang, kunci pas ring 12, kunci pas ring 10, dan sambungan rantai. Nah, peralatan inilah yang wajib kamu bawa dan siapakan saat akan mudik ke kampung halaman nanti.
Lima hal inilah yang sudah mulai harus kamu siapkan sebelum mudik dengan motor. Selain kondisi motor yang harus prima, kamu juga perlu mempersiapkan diri nih. Jika memang kampung halamanmu terlampau jauh, mungkin kamu bisa mengakalinya dengan mengirim motor ke kota dekat tujuan mudikmu.
Mudik dengan sepeda motor memiliki risiko yang tinggi jadi benar-benar persiapkan kondisi tubuhmu juga. Jangan membawa anak kecil saat harus mudik dengan motor. Ada baiknya juga jika kamu memilih teman mudik yang sama-sama bisa mengendarai motor. Cara ini bisa membuat mudikmu lebih aman dan kondisi tubuh lebih bisa terjaga ShopBackers!