Saterdag 18 Mei 2013


Belanja di Tokopedia: Langkah-langkah berbelanja

Cari barang yang diinginkan

Pertama-tama, tentunya Anda harus mencari terlebih dahulu barang yang diinginkan. Anda bisa menggunakan fitur pencarian yang tersedia di Tokopedia atau mencari menggunakan Direktori Produk maupun Toko.

Masukkan ke keranjang belanja

Cari barang yang ingin Anda beli
Setelah menemukan barang yang Anda ingin beli, klik menu "Beli" yang berada di sisi kanan layar produk. Kemudian isi formulir Beli dengan alamat tujuan pengiriman barang (ongkos kirim akan dihitung otomatis sesuai dengan lokasi penjual, alamat tujuan pengiriman barang, dan berat kemasan), pada saat Anda memilih Kota pastikan Kecamatan dan Kabupaten sudah benar untuk menghindari kesalahan penghitungan ongkos kirim ataupun kesalahan pengiriman barang. Setelah selesai Anda bisa klik tombol Tambah.
Formulir Add to Cart
Keranjang Belanja berfungsi untuk menampung barang-barang yang ingin Anda beli. Anda bisa meneruskan berbelanja dan sewaktu-waktu apabila Anda ingin melihat isi keranjang belanja Anda kembali, Anda bisa klik tombol "keranjang" yang berada di sisi kiri halaman.
Tampilan panel keranjang belanja

Cek kembali pemesanan & lakukan pembayaran

Setelah puas berbelanja, konfirmasi pemesanan diperlukan sebagai konfirmasi belanja Anda dan perhitungan total pembayaran yang harus Anda lakukan. Caranya, Anda masuk ke keranjang belanja terlebih dahulu (klik "keranjang" di panel sebelah kiri). Pada halaman ini Anda dapat mengecek pesanan dan Anda masih bisa melakukan perubahan sesuai keinginan.
Untuk pembelian produk dengan jumlah banyak atau lebih dari satu, akan muncul pilihan langkah apa yang Penjual harus lakukan jika stok yang tersedia hanya sebagian. Apakah Penjual harus membatalkan kekeluruhan pengiriman, atau Penjual bisa mengirimkan barang yang tersedia dan mengembalikan dana sisanya (NOTE: UNIK tidak mendukung Penerimaan Barang Sebagian).
Setelah itu Anda bisa memilih Metode Pembayaran dan klik “Lanjutkan”.
Selengkapnya mengenai Metode Pembayaran dapat dilihat di halaman Pembayaran.
Tampilan halaman keranjang belanja

Menunggu konfirmasi penjual

Setelah berhasil diverifikasi, penjual akan langsung mendapatkan notifikasi pesanan baru. Penjual diberi waktu hingga 3 hari untuk memproses order.
Apabila penjual menolak order karena stok habis, perubahan harga, maupun alasan lainnya yang menyebabkan pengiriman barang tidak dapat dilakukan maka dana yang sudah dibayarkan akan dikembalikan ke saldo deposito pembeli.
Apabila penjual tidak memberikan konfirmasi status dalam 3 hari setelah pembayaran diterima, maka pesanan akan otomatis dibatalkan, dana akan dikembalikan sepenuhnya ke saldo deposito pembeli.
Penjual yang sudah memberikan konfirmasi kesediaan memproses barang, diberikan waktu hingga 5 hari dari tanggal pembayaran diterima Tokopedia untuk menginput nomor resi sebagai bukti pengiriman barang. Jika tidak, dana akan dikembalikan sepenuhnya ke saldo deposito pembeli.

Pantau status barang

Apabila penjual sudah menginput nomor resi sebagai bukti pengiriman barang, maka Anda bisa menggunakan fitur Lacak untuk memantau sudah sampai di mana pengiriman barang Anda.
Pantau status barang

Konfirmasi penerimaan barang

Setelah barang sampai, Anda diberikan waktu hingga 3 hari untuk melakukan konfirmasi penerimaan barang. Jika tidak melakukan konfirmasi penerimaan barang hingga akhir waktu yang ditentukan, maka transaksi dianggap selesai, dan dana akan kami teruskan ke saldo deposito penjual.
Konfirmasi penerimaan barang
Pada banyak kasus, pembeli telah menerima barang sebelum tombol konfirmasi penerimaan barang muncul. Hal ini disebabkan karena Tokopedia bergantung pada data kurir pengiriman, dan seringkali data belum di-update oleh kurir ketika barang sudah sampai di tangan Anda. Harap menunggu 1x24 jam, kemudian Anda dapat melakukan konfirmasi penerimaan setelah data terupdate.
Karena Tokopedia tidak berjualan langsung, reputasi penjual akan sangat bergantung pada setiap pembeli yang melakukan transaksi di Tokopedia.
Oleh karenanya luangkanlah waktu Anda untuk menulis ulasan singkat untuk setiap transaksi yang telah berhasil, sehingga Anda bisa membantu Tokopedia menyediakan iklim transaksi yang lebih nyaman.
Anda bisa memberikan ulasan kepada penjual terkait:
  • Kecepatan
    Seberapa cepat penjual memberikan konfirmasi pemrosesan barang yang Anda inginkan? Dan seberapa cepat pengiriman dilakukan?
  • Akurasi
    Seberapa tepat barang yang sampai di tangan Anda dengan barang yang dijanjikan lewat gambar dan deskripsi di etalase penjual?
  • Pelayanan
    Seberapa baik penjual menanggapi pertanyaan-pertanyaan Anda di Diskusi Produk ataupun melalui Kirim Pesan?
Berikan ulasan Anda dengan bahasa yang sopan. Andaikan Anda tidak puas dengan kualitas barang yang dikirimkan, sampaikan dengan bahasa yang sopan dan berikan penilaian sesuai dengan tingkat kepuasan Anda. Di masa mendatang, kami akan memberlakukan sistem reputasi dua arah, di mana penjual juga bisa memberikan ulasan terhadap pembeli dengan parameter kesopanan.

Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking